Depok – UKM Center FEB UI (21/11) telah menyelenggarakan salah satu program edukasi gabungan talk show, seminar dan workshop dinamakan Bedah UKM bertema “Cara Pintar UKM Bersaing di Era Digital” pada. Acara yang juga dilaksanakan atas kerjasama dengan PT Paus Skala Teknologi atau whee Indonesia ini diadakan di Student Center FEB UI Depok dihadiri oleh lebih dari 100 pelaku

UMKM. Acara ini menghadirkan 3 pembicara sebagai praktisi UMKM dari bidang yang berbeda, yaitu Agus Pramono selaku CEO IKREDO, Hidayat sebagai Vice President Business Development whee Indonesia dan Edward Napitupulu sebagai CEO Rubicone Indonesia.

Bedah UKM berangkat dari kepedulian UKM Center FEBUI pada pentingnya edukasi untuk UMKM Indonesia melalui materi-materi yang disampaikan oleh pembicara; seperti cara memulai digital marketing untuk menghadapi persaingan di era digital, bagaimana memilih strategi digital marketing untuk UMKM, pengelolaan modal dengan tepat dan bagaimana cara UMKM mendapatkan modal usaha melalui digital, dan pentingnya pengelolaan usaha juga solusi dari permasalahan UMKM dewasa ini.

“Kegiatan ini merupakan komitmen UKM Center FEB UI untuk terus membersamai bapak ibu sekalian dalam memberikan dukungan Penuh kepada UKM Indonesia. Kedepannya kami akan berkolaborasi dengan lebih banyak lagi institusi dan lembaga untuk dapat menyelenggarakan kegiatan serupa. Hari ini fokus kami adalah berbagi kepada bapak ibu sekalian mengenai kesempatan yang dapat diambil melalui dunia digital, tidak hanya untuk berjualan, tapi bahkan juga untuk mendapatkan pembiayaan.” ujar Muhammad Miqdad Robbani selaku Manajer Advokasi Bisnis UKM Center FEB UI

Dengan adanya edukasi ini, diharapkan pelaku UMKM Indonesia dapat memaksimalkan kegiatan usahanya, dengan dorongan dari sistem teknologi digital yang ada seperti pengelolaan usaha ataupun permodalan usaha.

 

Tentang UKM Center FEB UI

Pada tahun 2005, PBB menetapkan tahun 2005 sebagai International Year of Microcredit dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan usaha mikro kecil. Di tahun yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI juga merasakan perlunya dibentuk suatu lembaga di bawah payung fakultas yang fokus di kegiatan pengabdian masyarakat, untuk menyempurnakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Dengan latar belakang tersebut didirikanlah Pusat UKM atau UKM Center FEB UI, sebagai unit yang fokus pada kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil dan pendorongan semangat kewirausahaan. Dengan mengusung moto “Knowledge to Empower SME and Develop Entrepreneurship”, UKM Center FEB UI aktif bersinergi dengan berbagai kalangan, baik pemerintah, bisnis, perguruan tinggi, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat, dalam rangka mengoptimalkan perannya dan memperluas jangkauan layanannya. Sampai saat ini kegiatan UKM Center FEB UI mencakup penelitian, advokasi kebijakan, pelatihan, pembinaan (mentoring usaha), inkubasi bisnis, pemberian penghargaan, sampai penyaluran kredit.