Depok – Sehubungan dengan dilaksanakannya Ali Wardhana Cup 2019, Ikatan Alumni FEB UI (Iluni) melalui Iluni FEB UI Golf Club (IFGC) bekerja sama dengan UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia untuk menjalankan sebuah program pemberdayaan bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berada di sekitar lingkungan universitas. Pada program kali ini, IFGC dan UKM Center FEB UI sepakat untuk menjalankan program tersebut di Sekolah Masjid Terminal (Master), Depok. Program ini menyasar para pelaku usaha mikro yang berjualan di sekitar sekolah tersebut.

Program pemberdayaan ini mencakup kegiatan penyaluran pinjaman melalui dana bergulir dan juga pelatihan. Program pinjaman ini didesain sebaik mungkin agar sesuai dengan karakteristik pelaku usaha mikro yang ada di Sekolah Master. Nilai maksimal pinjaman yang diberikan adalah Rp 3.000.000,- dimana hal ini sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha mikro yang relatif tidak terlalu besar. Selain itu, pinjaman ini juga memiliki masa pelunasan selama sembilan bulan dengan pembayaran angsuran setiap minggu tanpa harus mendatangi kantor tertentu. Hal ini membuat peserta program tidak terbebani dengan harus mengunjungi kantor tertentu. Pembayaran angsuran yang dilakukan setiap minggu juga mendorong para peserta untuk disiplin dalam memenuhi kewajiban. Pinjaman ini juga memudahkan peserta dengan tidak meminta anggunan.Selain menyalurkan pinjaman, program ini juga memfasilitasi para peserta dengan kegiatan pemberdayaan yang mencakup pelatihan dan monitoring. Peserta akan mendapatkan pelatihan sesuai dengan kebutuhan untuk menjalankan dan meningkatkan kapasitas usaha mereka. Selain itu, UKM Center FEB UI juga akan melaksanakan monitoring bulanan untuk memantau perkembangan para peserta. Monitoring ini akan dilakukan oleh salah satu mitra binaan UKM Center FEB UI yang juga bertindak sebagai penanggung jawab dari para peserta tersebut.

Sehubungan dengan program tersebut, pada hari Sabtu (21/9), IFGC dan UKM Center FEB UI melakukan kunjungan ke para calon peserta yang berlokasi di Sekolah Master, Depok. Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau secara langsung usaha dari para peserta. Para calon peserta mayoritas menjalan usaha sebagai pedagang dengan menjual makanan ringan dan membuka toko kelontong. Selain itu, terdapat pula pelaku usaha yang menjalankan usaha berupa bengkel, warung makan dan juga tempat fotokopi. Para pelaku usaha ini menyatakan bahwa program ini sangat membantu usaha mereka. “Program ini sangat membantu bagi ibu-ibu di sini untuk mampu meningkatkan kapasitas usaha mereka” terang Ibu Deliana selaku penanggung jawab dari para peserta.

IFGC dan UKM Center FEB UI menekankan bahwa program ini merupakan komitmen alumni dan fakultas untuk meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UMKM di sekitar universitas. “Program ini merupakan komitmen kami dan UKM Center FEB UI untuk bisa memberi manfaat ke masyarakat.” Ucap Bapak James Tehubijuluw selaku Ketua Panitia Ali Wardhana Cup 2019. “Semoga uang yang kami salurkan ini berkah dan bermanfaat bagi usaha bapak ibu sekalian.” tambah Bapak T. M. Zakir Machmud sebagai Kepala UKM Center FEB UI.

Selanjutnya, pada hari Jumat (11/10), para peserta menerima pinjaman dana bergulir tersebut setelah terlebih dahulu melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Bersamaan dengan itu, kegiatan monitoring pun mulai dilaksanakan. Kedepannya, peserta akan mendapatkan pelatihan sesuai yang telah diagendakan.

Tentang ILUNI FEB UI

Visi ILUNI FEB UI periode 2019 – 2021 adalah Penggerak Inovasi Ekonomi Indonesia, sesuai dengan era yang kita hadapi saat ini dan ke depan, yaitu bagaimana kita memperkuat pertumbuhan ekonomi melalui inovasi teknologi dan creativity untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan bersifat inklusif.

Tentang UKM Center FEB UI

Pada tahun 2005, PBB menetapkan tahun 2005 sebagai International Year of Microcredit dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan usaha mikro kecil. Di tahun yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI juga merasakan perlunya dibentuk suatu lembaga di bawah payung fakultas yang fokus di kegiatan pengabdian masyarakat, untuk menyempurnakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Dengan latar belakang tersebut didirikanlah Pusat UKM atau UKM Center FEB UI, sebagai unit yang fokus pada kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil dan pendorongan semangat kewirausahaan. Dengan mengusung moto “Knowledge to Empower SME and Develop Entrepreneurship”, UKM Center FEB UI aktif bersinergi dengan berbagai kalangan, baik pemerintah, bisnis, perguruan tinggi, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat, dalam rangka mengoptimalkan perannya dan memperluas jangkauan layanannya. Sampai saat ini kegiatan UKM Center FEB UI mencakup penelitian, advokasi kebijakan, pelatihan, pembinaan (mentoring usaha), inkubasi bisnis, pemberian penghargaan, sampai penyaluran kredit.