whatsapp-image-2016-10-27-at-13-55-10Melalui UKM Center dan bekerjasama dengan Salemba Group Consultan mengadakan acara sharing yang bertajuk “UKM Pahlawan Devisa”. Acara ini dikususkan mereka yang mau menembus pasar dunia melalui marketplace dunia seperti Amazon.

Acara seminar tersebut diadakan oleh UKM Center FEB Universitas Indonesia, tanggal 26 Oktober 2016. Acara ini menghadirkan pembicara yang sudah mahir dalam dunia kewirausaan Ibu Lucia Januarti—CEO KainKain sebagai Top Seller Amazon dan Brand Ambasador Payoneer. Ibu Lucia Januarti atau yang akrab dipanggil Ibu Jen ini berbicara tentang langkah awal berbisnis di pasar internasional pada produk KainKain, khususnya di Amerika. Langkah awal yang diambil adalah memasarkan produknya pada outlet-outlet lokal di daerah Kemang dan Pondok Indah. Perjlanan usahanya beliau berkembang hingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi puluhan penjahit dan pengrajin. Kesuksesan di pasar lokal belum membuatnya puas hingga mencari cara untuk bisa mengembangkan usaha yang dirintis agar lebih besar salah satunya dengan membukat market ke dunia Internasional. Bermula dari etsy.com dan amazon.com Brand KainKain mampu bersaing dengan brand luar negeri hingga menjadi Top Seller.

Menurutnya faktor penghambat UKM Nasional jarang Go Internasional adalah sulit produk- produk UKM berkompetisi dengan produk luar, salah satu penyebab- nya adalah teknologi yang kurang memadai dalam hal alat produksi. Tak hanya berbicara ten- tang pengalamannya saja, beliau juga memberikan tips dan trik kepada peserta yang hadir agar brand yang mereka miliki bisa menembus pasar internasional yaitu menjaga originalitas dan kreativitas, serta memanusikan pelanggan dengan memberikan service excellent agar para pelanggan membeli lagi produk yang kita miliki. Seperti yang pepatah katakan “berakit rakit ke hulu berenang renang ketepian” itulah yang pantas digambarkan oleh Ibu Jen ini, karena memalui kegigihannya memulai usaha dari bawah hing- ga saat ini menjadi seorang CEO sukses yang mampu menjadi inspirasi bagi anak muda agar tidak takut memulai sebuah usaha.

whatsapp-image-2016-10-27-at-13-55-14whatsapp-image-2016-10-27-at-13-52-361Sementara dalam dunia starup pada kesempatan kali ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Alif Priyono—CMO OLX serta Fariz Tadjoedin, pembuat beberapa start up sejak tahun 2002. Pada tahun 2002 beliau membuat layanan iklan baris berbayar, pada tahun 2003 membuat NamaQu yaitu sebuah website instan yang bisa lansung anda miliki seperti sebuah email. Pada tahun 2004 membuat LC atau LiveConnector sebuah situs social networking + fitur chatting yang dulu sempat happening di tahun 2000-an. Kemudian di tahun 2015 membuat PrintGila / 24Print Ngeprint instan tanpa antri di alfamart.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan sharring para Praktisi kepada para UKM yang diharapkan akan menumbuhkan semangat wirausaha sehingga bisa tembus pasar Internasional.