_MG_1234Depok – Pembukuan merupakan salah satu aspek terpenting dalam berwirausaha. Kenapa? Karena dengan melakukan pembukuan, seorang pengusaha mampu mengetahui apakah usahanya sehat dan menghasilkan profit yang banyak atau sedang sakit dan menghasilkan kerugian yang menyulitkan. Mempelajari pembukuan adalah kewajiban bagi para pengusaha. Penentuan strategi perkembangan usaha pun tolak ukurnya adalah data dari pembukuan.

Untuk UKM, masih banyak pengetahuan yang masih belum banyak mereka dapat mengenai bagaimana cara mengatur dan mencatat laporan keuangan dan pembukuan transaksi dengan baik dan benar. Maka dari itu pada tanggal 24 Mei 2016, UKM Center FEB UI mengundang FAC Institute untuk memberikan pelatihan kepada para penggiat UKM untuk menguasai pembukuan menggunakan software komputer.

_MG_1244Pelatihan bertajuk “Pembukuan Hebat untuk UKM Hebat” ini diselenggarakan bagi para pelaku UKM yang belum mengerti mengenai pembukuan dengan menggunakan software. Mereka dilatih untuk mengoperasikan software akuntansi yang memang sudah dirancang untuk memberikan pengalaman kemudahan dalam menuliskan pembukuan tanpa harus mempelajari ilmu akuntansi lebih dalam. Pelatihan berbasis software ini diadakan selama 1 hari dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah sesi penyampaian materi dan produk software. Di sesi ini peserta dikenalkan dengan software yang akan digunakan yaitu “Accurate” dan diperkenalkan dengan fitur fitur pendukungnya. Di sesi kedua, peserta secara langsung mencoba dan mengerjakan studi kasus yang berhubungan dengan pembukuan, yang tentu saja didampingi oleh narasumber, Fajar Shodiq.

_MG_1246Dalam pelatihan software ini, diharapkan para peserta yang sudah mengikuti pelatihan mampu mengoperasikan aplikasi atau software akuntansi yang diajarkan. Selain itu, peserta diharapkan menjadi terbiasa dengan melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan agar usahanya dapat terukur dan mendapatkan hasil yang maksimal. (as/eb)