DSC_0026Depok – Minggu ini memasuki minggu kedua pelatihan dan inkubasi bisnis untuk para peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Pelatihan kali ini menghadirkan mentor Yonathan Aroean. Yonathan Aroean merupakan salah satu mentor yang berasal dari UKM Center FEB UI. Membahas mengenai laporan keuangan untuk para pengusaha, Yonathan memberikan insight tentang pentingnya memiliki laporan keuangan dalam setiap usaha. Karena dengan memiliki laporan keuangan, seorang pengusaha mampu mengetahui efisiensi dan keuntungan dalam sebuah perusahaan.

DSC_0020Pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu, 21 Mei 2016 di Ruang Lembaga Demografi FEB UI ini dihadiri oleh 16 tim finalis Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan kali ini. Selain mendengarkan dan menyimak materi, peserta juga dilatih untuk membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Dalam program ini, selama 5 bulan ke depan (Juni – Oktober) setiap tim diwajibkan untuk membuat laporan keuangan agar mereka terbiasa untuk mencatat setiap arus keluar-masuk dari perusahaan.

DSC_002216 tim finalis Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ini nantinya akan mendapatkan pendanaan dari Rektorat Universitas Indonesia. Dana yang dikucurkan oleh Rektorat untuk Program Mahasiswa Wirausaha ini adalah sekitar Rp. 320.000.000,- , dimana setiap tim mendapatkan sekitar Rp. 20.000.000,- , dan dibagi secara bertahap. Untuk tahap pertama Rektorat hanya mencairkan dana sekitar 70 persen, dan Sisanya 30 persen akan dicairkan diakhir Program ini.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu membuat perencanaan usaha yang lebih baik melalui pembukuan laporan keuangan mereka.