IMG_8724

Jakarta – Pada tanggal 13 & 14 Januari 2016, UKM Center FEB UI bekerjasama dengan Citipeka dan Citi Indonesia mengadakan penjurian dan penganugerahan Citi Microentrepreneurship Awards 2015. Penjurian dan penganugerahan selama dua hari berturut turut ini dilaksanakan di Hotel Atlet Century Park. Peserta yang telah lolos dari tahap administrasi dan survey berhak untuk maju ke tahap ini. Jumlah peserta yang turut serta ke babak ini sebanyak 19 peserta yang terbagi menjadi 5 kategori. Kategori yang diperlombakan adalah wirausaha mikro perempuan, wirausaha mikro sosial, wirausaha mikro berwawasan lingkungan, wirausaha mikro pelestarian budaya dan wirausaha mikro muda. Dalam empat kategori pertama diambil masing masing dua orang pemenang, sedangkan untuk kategori wirausaha mikro muda hanya diambil satu pemenang terbaik. Lalu dari semua pemenang utama kategori itu diambillah satu pemenang sebagai wirausaha mikro terbaik.

Rangkaian acara dimulai pada tanggal 12 Januari 2016, para peserta (finalis red.) mengikuti mini workshop yang menghadirkan Elverra N. Makki, Head of International Affair Citi Indonesia sebagai narasumber. Dalam workshop ini membahas mengenai promosi produk kepada media. Workshop ini dilanjutkan dengan kegiatan penjurian pada tanggal 13 Januari 2016. Penjurian ini dihadiri oleh para aktivis dalam bidang UKM seperti Lasmaida S. Gultom (Direktur Literasi dan Edukasi OJK), Elvera N. Makki (Head of International Affair Citi Indonesia), Anita Feng (CEO Royal Garden Spa), Dr. Avanti Fontana (Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia), Kemal Effendi Gani (Pemimpin Redaksi Majalah SWA) & Andi Ikhwan (Head of Agriculture & Financial Program Coordinator Mercy Corps Indonesia).

Rangkaian terakhir acara adalah talkshow dan juga penghargaan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Atlet Century Park, Senayan pada tanggal 14 Januari 2016. Dihadiri oleh para finalis dari seluruh Nusantara dan para rokoh tokoh ternama seperti Batara Sianturi (CEO Citi Indonesia), Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. (Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis UI), Agus Muharram (Sekretaris Kementerian Koperasi dan UMKM RI), dan lainnya. Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi dari UKM Center FEB UI, Citipeka dan CIti Indonesia kepada para wirausaha mikro yang menjadi penggerak perekonomian di negara Indonesia ini. Finalis yang dianugerahi penghargaan sebagai pemenang berjumlah sebanyak 9 orang, mencakup 5 kategori dan satu wirausaha mikro terbaik. Untuk mengetahui siapa saja yang menjadi pemenang dan bagaimana profil mereka, silakan lihat disini.

Citi Microentrepreneurship Awards ini ke depannya diharapkan menjadi rangsangan untuk perkembangan UKM dan juga perekonomian di Indonesia, dan membuktikan bahwa sebenarnya masih banyak wirausaha mikro yang sebenarnya memiliki prestasi dan bisa dikembangkan untuk menjadi lebih unggul. Hal ini selayaknya menjadi landasan pacu bagi para pemenang maupun finalis untuk lebih berkembang dan melaju ke ranah internasional. (as/eb)