D.I Yogjakarta – Berangkat dari kesuksesan pada tahun-tahun sebelumnya, Citi Indonesia, melalui payung kegiatan kemasyarakatannya, Citi Peka (Peduli dan Berkarya) kembali menyelenggarakan Citi Microentreprenuership Award (CMA). Rangkaian kegiatan CMA tahun ini dibuka dengan agenda launching dan Alumni Gathering CMA 2015 yang dilaksanakan selama tiga hari pada 18-19 Agustus 2015 di Hotel Horison Riss Yogyakarta.

Hari pertama agenda launching dan alumni gathering dibuka dengan perkenalan para alumni CMA, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Para alumni sendiri, merupakan para pemenang CMA sejak tahun 2005 hingga 2014. Mereka begitu antusias menceritakan perkembangan usaha mereka setelah mengikuti kegiatan CMA.

Setelah makan siang, acara launching dan alumni gathering dilanjutkan dengan sesi motivasi bisnis dari Center of Entrepreneurship Development (CED) Gama, Yogyakarta. Sesi ini diisi oleh Bapak Ibnu Wahid Fakhrudin Aziz, pendiri CED Gama sekaligus dosen di Fakultas Teknologi Pangan UGM. Para alumni CMA antusias berdiskusi dengan pembicara mengenai tips dan trik untuk mampu mengembangkan usaha mereka. Agenda launching hari pertama pun ditutup dengan makan malam bersama.

Pada hari kedua, para alumni CMA melakukan kunjungan kepada para pelaku usaha yang telah sukses di sekitar daerah D.I. Yogyakarta. Tujuan kunjungan pertama adalah Balu Oto Work miliki Bapak Andika Kairuliawan. Balu Oto Work adalah sebuah usaha modifikasi motor. Para alumni CMA pun sangat antusias untuk bertanya mengenai perjalanan kesuksesan Bapak Andika, sembari sesekali meminta saran dan masukan dari beliau.

Pada kunjungan kedua, rombongan alumni CMA mengunjungi CV Agrindo Suprafood, milik Bapak Heri Supratikno. Para alumni CMA pun menerima banyak inspirasi dari kisah Bapak Heri yang berkali-kali gagal. Selain itu, para alumni CMA juga berkesempatan melihat proses produksi dari produk-produk Agrindo Suprafood.

Setelah puas mengambil inspirasi dari Bapak Heri, para alumni kembali melanjutkan perjalanan menuju tempat kunjungan terakhir, yaitu Egg Roll Shasha Ubi Ungu milik Ibu Ifah. Para alumni CMA pun disambut dengan hangat ketika sampai di sana. Para alumni CMA berdiskusi dengan Ibu Ifah mengenai tips dan trik untuk mampu menginovasikan produk mereka. Sebelum pulang, para alumni CMA pun berkesempatan untuk membeli banyak Egg Roll Shasha sebagai oleh-oleh. Acara hari kedua pun ditutup untuk makan malam. Para alumni pun memanfaatkan waktu pulang untuk berbelanja di Malioboro.

Pada hari ketiga, acara puncak, yaitu Launching CMA 2015, pun dilaksanakan. Acara dibuka dengan talkshow interaktif yang diikuti para alumni CMA dengan pembicara Bapak Jimmy Affar (Pengusaha Batik Port Mumbay Papua & Juara 1 CMA Indonesia 2013 kategori Pelestarian Budaya), Bapak Mustofa (Divisi UKM dari Bank Bapas 69) dan Bapak Eko Ariantoro (Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan). Talkshow ini mengangkat tema “Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA): Pentingnya Peningkatan Daya Saing Para Pelaku Usaha Mikro di Indonesia”. Para alumni CMA pun bersemangat mengikuti talkshow. Mereka menyatakan kesiapannya untuk menyambut MEA 2015 di akhir tahun nanti.

Acara selanjutnya adalah pemberian sambutan dan konferensi pers yang dilakukan oleh para tamu khusus, yaitu Ibu Nining I Soesilo (Pembina UKM Center UI), Ibu Elverra N Makki (Senior Vice President, Country Corporate Affairs Head, Citi Indonesia) dan Bapak Eko Ariantoro (Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan) dan dihadiri oleh berbagai kalangan media, mulai dari media lokal dan media nasional. Pada acara ini, para tamu khusus menyampaikan harapannya terhadap CMA Indonesia agar mampu mengambil peran dalam mengembangkan para pelaku UKM di Indonesia.

Agenda selanjutnya adalah kunjungan yang dilakukan oleh para tamu khusus kepada para pelaku UKM di daerah Magelang. Pada kunjungan pertama, mereka mengunjungi Bapak Kusnodin, pengusaha kerajinan kaleng bekas. Para tamu pun melihat dari dekat proses produksi kerajinan kaleng bekas sembari mendengarkan perjalanan bisnis Bapak Kusnodin.

Rangkaian Launching dan Alumni Gathering CMA 2015 pun ditutup dengan kunjungan yang dilakukan oleh para tamu khusus ke tempat produksi Batik Tulis Nanom milik Bapak Agus Nur Asikin. Mereka melihat sekaligus mencoba menulis motif batik. Para tamu khusus juga menemui Bapak Sururi, pengusaha mainan dari limbah kayu yang sedang berada di tempat tersebut untuk mendengarkan perjalanan sukses beliau.

Dengan selesainya acara Launching dan Alumni Gathering CMA 2015, maka pendaftaran peserta CMA 2015 sudah resmi dibuka. Para pelaku usaha ultramikro yang tertarik menjadi peserta dapat mengunjungi situs http://cmaindonesia.com.