Selasa, 19 Agustus 2014 UKMC UI menerima kunjungan study banding dari “The Secretary of State for Promotion of Equality of Timor Leste” atau disingkat dengan SEPI. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan SEPI khususnya pada program kelompok ekonomi perempuan Timor Leste.

Rombongan study banding dari SEPI dipimpin oleh Bpk Herminio Xavier dan Ibu Maria Gigih, peserta rombongan beranggotakan 16 orang yang terdiri dari pelaku usaha kecil dan staf dari SEPI itu sendiri. Diantara pemilik usaha kecil tersebut bernama ibu Filomena Suarez dengan usaha jus jeruk, Veronica pemilik usaha jus nanas, Luciana pemilik usaha Tenun Tais, Ana pemilik usaha permen asem, Saunjinya pemilik usaha jus pisang, Lorenza pemilik usaha Restoran Amizade, Daniel pemilik usaha bakso dan nugget ikan. Rombongan diterima baik oleh Pimpinan UKMC UI di ruang Training Center UKMC UI

Acara yang dimulai pukul 10.30 wib dimulai dengan kata sambutan dari Wakil Kepala UKMC UI. Dalam sambutannya, Ibu Eugenia Mardaugraha menyampaikan ucapan “selamat datang” dan merasa senang atas kunjungan SEPI dari Timor Leste.  Sambutan dilanjutkan dari Ibu Maria Gigih dan Bpk Herminio Xavier sebagai pimpinan rombongan SEPI Timor Leste. Acara studi banding tersebut bermaksud dalam rangka melihat lebih jauh mengenai profil lembaga, tugas dan fungsi, serta pelaksanaan program kerja di UKMC UI.

Pemaparan profle UKMC UI disampaikan langsung oleh Kepala UKMC UI Ibu Dewi Meisari diawali dengan pemutaran video profil lembaga. Peserta rombongan terlihat sangat antusias saat mengikuti penjelasan tentang program kerja lembaga UKMC UI yang dilanjutkan dengan proses tanya jawab dari peserta rombongan. Acara berlangsung sekitar 90 menit. Diakhir acara dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak diikuti foto bersama di selasar kantor UKMC UI. Foto-foto kegiatan study banding ini dapat dilihat disini. Diharapkan dari kunjungan study banding ini terjalin kerjasama yang sinergis antara UKMC UI dengan Secretary of State for Promotion of Equality of Timor Leste (SEPI).