UKM Center FEUI turut dukung gerakan youth fashionpreneur: Next Level Indonesia 

Geliat Industri Kreatif memang tidak boleh lagi dipandang sebelah mata. Sebagai gelombang ke empat dalam pembangungan ekonomi – setelah sektor pertanian, industri pengolahan, dan jasa – permintaan atas produk-produk yang dihasilkan oleh sektor industri kreatif sudah pasti akan meningkat sejalan dengan peningkatan tingkat pendapatan masyarakat (PDB/kapita). Indonesia sendiri diprediksi sebagai calon bagian dari 6 besar perekonomian dunia pada 2045 nanti. Benarkah? Namanya juga prediksi. Tapi yang pasti, terlepas dari akan benar atau tidaknya prediksi tersebut, kita perlu bersiap-siap dari sekarang. Agar ketika tingkat pendapatan masyarakat Indonesia sudah meningkat dan semakin menginginkan produk-produk dari industri kreatif, Indonesia bukan hanya akan menjadi pasar yang empuk bagi berbagai produk asing, tapi juga bisa menjadi pemasar di negeri sendiri.

Gilang Agung, mahasiswa aktif FEUI yang bersama 8 orang temannya mendirikan Next Level, mengatakan bahwa anak-anak muda kreatif di bidang fashion cukup banyak, kualitas produknya pun dapat bersaing, hanya saja mereka belum memiliki wadah untuk menunjukkan karya-karyanya kepada masyarakat luas. Hal ini khususnya karena banderol harga untuk menyewa tempat di pusat- pusat perbelanjaan modern yang representatif bagi produk-produk fashion tidaklah murah. Kalaupun digunakan mekanisme konsinyasi, persentase dari harga yang ditetapkan cukup tinggi, sehingga masih sulit bagi para fashionpreneur muda untuk mengakses pasar melalui pusat-pusat perbelanjaan tersebut. Kondisi inilah yang membuat Gilang dan kawan-kawan mendirikan NextLevel, yang mengusung misi untuk membuat suatu even atau bazaar yang berkualitas, sehingga dapat dijadikan wadah bagi para fashionpreneur muda untuk naik kelas atau berpindah ke next level. Next Level nama komunitasnya, Next Level pula nama acara Bazaar dan fashion show-nya, yang pada tahun ini akan diselenggarakan pada 1-3 Februari 2013, di Mal Kota Casablanca. Lebih dari 80 fashion line atau lable yang 100% berasal dari kalangan anak muda sudah siap memamerkan karyanya pada hari itu.

Adapun hari ini merupakan pra-event dari Next Level, yaitu berupa sesi press conference dan fashion show dari beberapa label peserta Next Level, yang berlangsung Poste Kitchen and Bar, Mega Kuningan, Jakarta. Pada sesi ini Wakil Kepala UKM Center FEUI, Dewi Meisari, mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan dukungan lembaga dan memotivasi para fashionpreneur muda untuk terus berkarya agar dapat meningkat atau bahkan melompak ke Next Level. “2045 bukan milik Surya Paloh, Bob Sadino, atau pengusaha-pengusaha besar Indonesia saat ini. 2045 akan menjadi milik kalian, jadi bermimpilah setinggi-tingginya, gantungkan target setinggi yang kalian mau, sehingga nanti ketika 2045 datang dan orang Indonesia sudah semakin mampu membeli produk-produk fashion, belanjanya untuk produk-produk Indonesia sendiri, belanjanya ke kalian. Saya sendiri termasuk bagian rakyat yang memimpikan sebuah fashion line Indonesia bisa beredar di pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota dunia; dan mudah-mudahan juga, suatu saat nanti saya sendiri bisa mulai 100%, dari atas kepala sampai kaki, menggunakan produk-produk fashion yang dibuat dari, oleh, dan untuk anak Indonesia”, ungkap Dewi berbagi cerita dan motivasi.

Hari ini merupakan awal dari sinergi UKMC UI dengan komunitas fashionpreneur muda di Jakarta. Semoga dalam perjalannya sinergi ini dapat berkembang menjadi sinergi 3 pilar, yaitu Academics, Business, dan Government (ABG), karena jika sinergi tersebut terjadi tentunya geliat anak muda fashionpreneur untuk terus dan terus mengembangkan diri ke Next Level akan dapat diakselerasi. Salam sukses untuk Next Level dan fashionpreneur Indonesia! Salam semangat selalu untuk berkarya bagi bangsa!