Ketua UKM Center FE UI, Ibu Nining I Soesilo baru saja  memberi pelatihan kewirausahaan untuk pengusaha mikro kecil di Padang 14 Juni 2011 diundang PDKM Kementrian Perdagangan dan Pemda Padang.

UMK yang hadir sekitar 80 orang dan karena mereka tidak saling mengenal satu sama lain, disarankan agar mereka membentuk semacam paguyuban dan lebih bersinergi dan tidak sekedar hadir dan kemudian pulang lagi kembali dengan kesibukan masing2. Kondisi yang “hit and run” pelan2 coba dihilangkan.

Ada beberapa pengusaha yang bertanya antara lain:

(1) Adakah yang bisa bantu mereka dengan mesin produk Indonesia yang bisa diandalkan? Ada beberapa pengusaha “minang kuliner” ingin memasok makanannya ke carrefour terkendala oleh ukuran kue yang tidak presisi sehingga membutuhkan mesin yang akurat dan sesuai kebutuhan menu, misalnya kue sagon, dll. Juga mesin pengemasnya.

(2) Ada pengusaha rotan yang pernah pakai mesin pengiris rotan buatan indonesia yang bisa mengiris rotan dengan sayatan kecil-kecil; sayangnya dipakai sebentar sudah rusak sehingga ditinggalkan dan dia lebih senang pakai mesin luar negeri. Adakah yang bisa bantu membetulkan atau memberi advis lain.

Mungkin Puspiptek  Serpong yang dikunjungi Nining I Soesilo dua bulan lalu dg Dirjen IKM bu Euis dan Deputy Ristek Pak Idwan bisa membantu; mengingat mesin seperti itu ada disana.

Perlu dicarikan sumber pembiayaan untuk pembelian secara berkelompok untuk mendapatkan mesin pada butir (1) tersebut di atas.